Tuesday, December 13, 2016

Nature Keiko

"CIVILIZE THE MIND, BUT MAKE SAVAGE THE BODY."

Pagi ini Kenji Sekiguchi sensei pergi ke hutan untuk latihan iaijutsu di alam. Ternyata latihan di alam selain bisa berlatih kata seperti biasanya di dojo, latihan di alam menawarkan banyak keuntungan yang tidak didapat di dojo indoor, khusus nya terutama dojo Sidoarjo yang selalu bising dengan pemain bulu tangkis di line sebelah LOL...

Latihan di alam selain udara nya yang segar, suara alam dan kicauan burung yang menenangkan hati, pemandangan yang kita lihat pun membuat latihan menjadi lebih menyenangkan, ditambah kontur tanah di alam yang tidak teratur memaksa kita berlatih dengan penuh perhatian dalam mengatur keseimbangan dalam setiap eksekusi kata.

Kenji sensei merekomendasikan murid-murid untuk secara teratur sebulan sekali, dua bulan sekali atau 3 bulan sekali untuk mencoba latihan di alam, entah di hutan, di padang rumput, di gunung atau di pantai, Namun favorite Kenji sensei adalah latihan iaijutsu di hutan, karena selain mendapatkan apa yang diinginkan yaitu latihan iaijutsu, juga bisa melakukan forest bathing yang bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Apa itu forest bathing, silahkan baca artikel tentang forest bathing atau mandi hutan di bawah ini.



Mandi hutan, sebenarnya tidak ada hubungannya dengan mandi air. Kegiatan yang sedang populer di Jepang ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Konsep utamanya hanyalah menghabiskan waktu di hutan atau lokasi yang penuh dengan pepohonan dan udara yang masih segar.

Shinrin-yoku merupakan istilah populer dari kegiatan ini. Menurut para ahli kesehatan di Jepang, mandi hutan memiliki kekuatan penyembuhan yang nyata, seperti menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan fisik.



Pepohonan di hutan memiliki phytoncides atau minyak esensial dari kayu yang tersebar di udara. Sehingga, menghirup udara hutan bahkan dianggap lebih dari sekadar menyegarkan.

Menurut sebuah studi tahun 2007, senyawa phytoncides memiliki khasiat sebagai anti mikroba dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, bahkan dinilai mampu mengurangi resiko kanker.

Banyak studi yang menunjukan manfaat dari mandi hutan, lingkungan hutan menawarkan konsentrasi yang lebih rendah dari hormon stres kortisol, tekanan nadi dan darah yang lebih rendah, aktivitas saraf parasimpatik yang lebih besar, dan aktivitas saraf simpatis yang lebih rendah daripada lingkungan kota.

Selain manfaat tersebut, ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa kegiatan mandi hutan atau Shinrin-yoku dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.



Nah, selamat mencoba... Ganbatte kudasai...

Untuk belajar/latihan seni beladiri pedang samurai di Surabaya atau Sidoarjo silahkan hubungi WA: 081357635764 (NO CALL)

No comments:

Post a Comment