Wednesday, December 25, 2013

Arti Logo Samurai Indonesia

Samurai Indonesia didirikan oleh Kenji Sekiguchi pada tanggal 8 Januari 2005 di kantor Notaris Surabaya dengan Nomer Akta: 03/08/01/2005 untuk mewadahi perkumpulan beladiri pedang samurai Muso Jikiden Eishin ryu Iaijutsu yang diajarkan oleh Kenji Sekiguchi sejak tahun 2004. Sejak saat itu Samurai Indonesia telah berganti logo beberapa kali, hingga yang terakhir kalinya pada tanggal 2 September 2007 Kenji Sekiguchi mendesign sendiri logo Samurai Indonesia yang dipakai hingga sekarang.


Logo Samurai Indonesia sejak 2 September 2007

Logo ini menggambarkan gunung dengan refleksinya di atas air, faidah dari logo ini adalah Gunung menggambarkan kekuatan yang besar, perkasa, kokoh, dan mematikan. Jika Allah ingin menimpakan bencana dengan wasilah sebuah gunung, maka gunung tersebut mampu memusnahkan kehidupan disekitarnya dengan izin Allah, namun gunung di dalam logo ini digambarkan sebagai gunung yang tenang dan bercermin diatas pantulan air yang berada didepannya, sehingga gunung ini tidak sombong, tidak angkuh, tidak merasa bahwa dirinya besar. Dan justru gunung di dalam logo Samurai Indonesia ini adalah gunung yang menjadi wasilah atas rezeki Allah untuk kelangsungan kehidupan makhluk yang hidup disekitar nya. Dalam QS An-Nahl Ayat 15 disebutkan yang artinya: "Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk. Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, Allah SWT menggambarkan nikmat yang didapat manusia secara tidak langsung. Gunung-gunung ini hadir supaya Bumi tetap stabil, sehingga makhluk hidup lainnya yang ada dapat hidup tenang. Dari ayat tersebut dapat diambil gambaran bahwa gunung diciptakan oleh Allah sebagai pemelihara keseimbangan Bumi. Dengan demikian, Bumi dapat berputar pada poros dan orbitnya dengan tenang.

Demikian pula dengan Samurai Indonesia, Samurai Indonesia adalah perkumpulan beladiri pedang samurai resmi (yang diakui dan memiliki lisensi yang resmi) yang pertama kali yang ada di Indonesia sejak tahun 2005 dan memiliki dojo-dojo cabang di beberapa kota besar di Indonesia. Namun demikian Samurai Indonesia tidak merasa dirinya besar, tidak angkuh dan tidak merasa bahwa aliran-aliran lain yang baru muncul di Indonesia berada di bawah derajat nya. Samurai Indonesia akan menjalin hubungan baik dengan siapapun atau aliran apapun yang juga ingin menjalin hubungan baik dengan Samurai Indonesia. Samurai Indonesia tidak akan memandang rendah siapapun yang membuka dojo pedang samurai di Indonesia baik ilmu yang mereka ajarkan resmi dan berlisensi dari honbu dojo Jepang ataupun tidak. Lisensi dan lineage adalah penting bagi Samurai Indonesia, tetapi Samurai Indonesia tidak memaksakan hal tersebut kepada orang lain di luar Samurai Indonesia.

Dan Samurai Indonesia berharap bisa memberikan manfaat dan faidah bagi umat islam dan masyarakat Indonesia pada umumnya, bisa menjadi wasilah maisyah rezeki dari Allah subhanahu wataala bagi para instruktur Samurai Indonesia. Dan bagi murid-murid Samurai Indonesia yang beragama islam bisa menjadi wasilah untuk memiliki ketrampilan ilmu pedang samurai dan berolah raga pedang sehingga memiliki tubuh yang sehat dan kuat sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh sahabat abi Hurairah radhiyallahu anhu, beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan.." (Muslim, Ahmad, ibnu Majah, an Nasai).

Artikel ini telah diupdate pada tanggal 12 Agustus 2023.







No comments:

Post a Comment